Mengenal SAP BW/BI

By | November 21, 2010

SAP BW (Business Information Warehouse), modul dari SAP ini cukup baru (bukan berarti baru 1 thn ada) dan cukup unik dalam implementasi karena disamping harga modulnya cukup mahal, juga tidak banyak perusahaan yang implementasi SAP BW, bisa jadi terpikir buat apa ya BW ?? kalau untuk hanya menampilkan reporting di sisi Top Management, heheeheh ..

SAP BW identik dengan modul yang diimplementasi paling lama dan paling tidak tepat waktu, hehehe (aku baca beberapa blog dan buku sih ), tapi justru inilah tantangan di modul BW, tidak banyak orang yang bisa menguasai full dari modul BW.

Proses modeling BW sendiri cukup familiar dan sebetulnya BW sendiri sudah ada sebelum SAP memunculkan produk SAP BW-nya, tidak heran banyak kompetitor yang bersaing dalam bidang Business Intelligence, kasarnya sebut aja Cognos, Business Object (notabenya sekarang sudah di beli SAP-red), Oracle, SAS, dll.

SAP BW murni sebuah modul pemodelan dari data history dan transaksi yang diambil dari backend SAP (sebut aja, R/3 Production), yang digunakan untuk membentuk sebuah model bisnis report yang dapat dipakai untuk menganalisa data yang dianggap perusahaan (manajemen-red) sebagai tolak ukur performansi perusahaan.

Contohnya?? ya, misalnya data customer yang ada di perusahaan berapa banyak perbulan, data penjualan berdasarkan sales region, laporan treasury selama pertahun, Balance Sheet report , P&L report yang ditampilkan dalam sebuah front end yang cukup user friendly (misalnya report itu dapat diakses manajemen hanya dalam mengakses web browser),

di SAP BW, kita mengenal istilah pemodelan ‘Star Schema’, pemodelan ini lah yang cukup unik di lingkungan BW, karena hanya di sistem OLAP sajalah yang dipakai, masalah masala desain database yang kita kenal di perkuliahan(Normalisai Database, mungkin tidak dipakai ketika kita berkecimpung dalam lingkungan star schema).

SAP BW bisa digambarkan sebuah bendungan data yang mengambil data data penting dari R/3 dan menghasilkan report, Anda mungkin mengenal istilah KPI (Key Performance Indicator), model model ini lah yang nantinya ada dan fitur yang harus ada di lingkungan BW.

Jadi, SAP BW secara umum sebuah modul dari SAP yang dipakai untuk decision support untuk manajemen yang nantinya akan berpengaruh pada strategi dari perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.